Sunday, July 31, 2011

Kelebihan dan Kekurangan Sherlock Holmes

Dalam A Study In Scarlet, Holmes mengaku tidak tahu bahwa bumi berputar mengelilingi matahari, karena hal tersebut tidak berhubungan atau tidak relevan dengan pekerjaannya. Setelah mendengar fakta dari Watson bahwa bumi berputar mengelilingi matahari, dia bilang akan segera mencoba untuk melupakannya. Holmes percaya bahwa pikiran memiliki kapasitas yang terbatas untuk menyimpan informasi, dan belajar hal-hal yang tidak berguna hanya akan mengurangi kemampuan untuk mempelajari hal-hal berguna. Lalu Watson membuat daftar hal-hal yang diketahui Holmes, dalam catatannya tertulis :



Sherlock Holmes - kelebihan dan kekurangannya
  1. Pengetahuan tentang Sastra - Nol
  2. Pengetahuan tentang Filsafat - Nol
  3. Pengetahuan tentang Astronomi - Nol 
  4. Pengetahuan tentang Politik - Rendah
  5. Pengetahuan tentang Botani - Bervariasi. Sangat memahami belladonna, opium, dan racun-racun secara umum. Tidak tahu apa-apa tentang praktek berkebun.
  6. Pengetahuan tentang Geologi - Praktis tapi terbatas. Mampu membedakan tanah hanya dengan sekali pandang. Sesudah berjalan-jalan dia pernah menunjukkan noda-noda cipratan tanah pada celana panjangnya. Dari warna dan konsistensinya, dia tahu dari daerah mana tanah itu berasal.
  7. Pengetahuan tentang Kimia - Menonjol.
  8. Pengetahuan tentang Anatomi - Akurat tapi kurang sistematis.
  9. Pengetahuan tentang Berita-berita Menghebohkan - Sangat banyak. Dia tampaknya tahu secara rinci semua tindak kejahatan yang terjadi pada abad ini.
  10. Bermain Biola dengan baik.
  11. Sangat pandai dalam bela diri satu tongkat, tinju dan pedang.
  12. Memiliki pengetahuan praktis tentang Hukum Inggris.
Begitulah isi dari catatan Dr. John Watson mengenai kelebihan dan kekurangan Sherlock Holmes. Untuk lebih jelasnya, bisa langsung download e-book A Study in Scarlet di sini.

Sumber : A Study in Scarlet
Author  : Adamx Chaidir
Copyright 2011

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...